Rabu, 01 Februari 2017

BIMBINGAN TEKNIS TOPONIMI DAN PEMBAKUAN NAMA RUPA BUMI SERTA PEMUTAKHIRAN KODE DAN DATA WILAYAH ADMINISTRASI PEMERINTAHAN

Kepada Yth :
Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota Se- Indonesia
Cq : - Asisten I Bidang Pemerintahan
Kabag Pemerintahan
-Panitia Pembakuan Nama Rupa Bumi (PPNR)
-Para Camat dan Sekcam
-Para Lurah
-Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintan Desa (BPMPD)
Di,-
Tempat  

Dengan Hormat,
Sebagaimana di ketahui bersama bahwa Pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI nomor : 125.1/4966/PUM, dalam hal dukungan Anggaran Kegiatan Pembakuan Nama Rupabumi yang ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia. dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI nomor  : 125.1/1109/PUM, dalam hal pemutakhiran Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan di seluruh Indonesia.
Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah  Provinsi/Kabupaten dan Kota bagi pejabat pemerintahan terutama Aparatur Pemerintah Daerah Kecamatan dan Panitia Pembekuan Nama Rupa Bumi (PPNR), di dalam memahahami Toponimi  dan Pemutakhiran Kode dan data Wilayah Administrasi Pemerintahan di perlukan Knowledge, Skill dan Attitude supaya tidak terjadi salah interprestasi di dalam Topinimi yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
         Sehubungan dengan hal tersebut diatas untuk meningkatkan    pemahaman dan   kemampuan teknis bagi aparatur Pemerintah Daerah guna mewujudkan penyusunan gasetir nasional dan tertib administrasi kode dan data wilayah administrasi pemerintahan yang pada akhirnya akan tersedia data dan informasi yang akurat mengenai nama unsur rupa bumi di daerah, maka kami dari PUSKDAGRI & IP Pusat Kajian Dalam Negeri dan Ilmu Pemerintahan ) akan mengadakan Bimbingan Teknis, 4 hari dengan Tema :

 BIMBINGAN TEKNIS TOPONIMI DAN PEMBAKUAN NAMA RUPA BUMI SERTA PEMUTAKHIRAN  KODE DAN DATA WILAYAH ADMINISTRASI PEMERINTAHAN 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
ANGKATAN
HARI, TANGGAL
TEMPAT
Angkatan I
Senin – Kamis, 01 – 04 Juli 2019
Senin – Kamis, 08 – 11 Juli 2019
Senin – Kamis, 15 – 18 Juli 2019
Senin – Kamis, 22 – 25 Juli 2019
Senin, 29 juli –  01 Agust 2019
Hotel Grand Cempaka
Jl. Letjend Suprapto, Jakarta Pusat
Angkatan II
Senin – Kamis, 05 – 08 Agust 2019
Senin – Kamis, 12 – 15 Agust 2019
Senin – Kamis, 19 – 22 Agust 2019
Senin – Kamis, 26 – 29 Agust 2019
Hotel 88,
Jl. Mangga Besar Raya, Jakarta
Angkatan III
Senin – Kamis, 02 – 05 Sept 2019
Senin – Kamis, 09 – 12 Sept 2019
Senin – Kamis, 16 – 19 Sept 2019
Senin – Kamis, 23 – 26 Sept 2019
Senin – Kamis, 30 Sept –  03 Okt 2019
Hotel Arcadia,
Jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta
Angkatan IV
Senin – Kamis, 07 – 10 Oktober 2019
Senin – Kamis, 14 – 17 Oktober 2019
Senin – Kamis, 21 – 24 Oktober 2019
Senin – Kamis, 28 – 31 Oktober 2019
Hotel Ibis
Jl. Kramat Raya No.100, Senen, Jakarta Pusat

Informasi Pendaftaran :
Herman Firmansyah
Nomor HP  :  0812-8111-4110
WA            :  0821-25-777-110
Email         : Herman_pusppemnas@ymail.com
Gmail         : Pusppemnas@gmail.com

PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR SEKRETARIAT DPRD PROVINSI/KABUPATEN/KOTA SEBAGAI SUPPORT SYSTEM DALAM RANGKA MENUNJANG KINERJA DPRD

Kepada Yth :
Sekretaris DPRD Provinsi / Kabupaten / Kota Seluruh Indonesia
Cq : 1. Kabag/Kasubbag Umum  Beserta Staf 
  1. Kabag/Kasubbag Humas dan Protokoler Dan Beserta Staf
  2. Kabag/Kasubbag Keuangan dan Anggaran Beserta Staf
  3. Kabag/Kasubbag Persidangan dan Risalah Beserta Staf
  4. Kabag/KasubbagTU dan Kepegawaian Beserta Staf
  5. Kabag/KasubbagHukum Beserta Staf

Di,-
Tempat     
Dengan Hormat,
Pedoman Penyusunan APBD TA 2018 sudah ditetapkan, maka implementasi Anggaran APBD Tahun Anggaran 2018 sudah dapat di pergunakan sesuai Rencana Kerja Anggaran Sekretariat DPRD Di dalam mendukung Kinerja DPRD Provinsi / Kabupaten / Kota.
Oleh karna itu maka sudah saatnya Sekretariat Dewan melakukan Perubahan sebagai Support System untuk mendukung Kinerja DPRD.
Reformasi Pembaharuan di dalam meningkatkan tupoksi Aparatur Sekretariat DPRD terhadap pelayanan Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD, baik di dalam pelayanan/pengaturan Persidangan, Humas dan keprotokolan, pengaturan pengelolaan keuangan, penatausahaan, kelengkapan, Produk Hukum,  dan sebagainya dapat diatur sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku untuk menciptakan Stabilitas dan Akuntabilitas Kinerja DPRD. Sehingga  tercipta tata Kelola Pemerintahan yang baik atau GOOD GOVERNANCE.
Dan sehubungan dengan hal Semua diatas ,maka kami dari Lembaga Kajian Keuangan dan Kebijakan Pemerintah ( LK3P ), akan mengadakan Bimtek Nasional 4 hari dengan Tema :

” PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR SEKRETARIAT DPRD PROVINSI/KABUPATEN/KOTA SEBAGAI SUPPORT SYSTEM DALAM RANGKA MENUNJANG KINERJA DPRD ”

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada : 
ANGKATAN
HARI, TANGGAL
TEMPAT
Angkatan I
Rabu -Sabtu, 10 – 13 Juli 2019
Rabu -Sabtu, 17 – 20 Juli 2019
Rabu – Sabtu, 24 – 27 Juli 2019
Hotel Ibis Senen
Jl. Kramat Raya No. 100, Jakarta Pusat
Angkatan II
Rabu - Sabtu, 07 – 10 Agust 2019
Rabu - Sabtu, 14 – 17 Agust 2019
Rabu - Sabtu, 21 – 24 Agust 2019
Rabu - Sabtu, 28 – 31 Agust 2019
Hotel Amaris Thamrin,
Jakarta
Angkatan III
Rabu - Sabtu, 04 – 07 Sept 2019
Rabu - Sabtu, 11 – 14 Sept 2019
Rabu - Sabtu, 18 – 21 Sept 2019
Rabu - Sabtu, 25 – 28 Sept 2019
Hotel Marc,
Jl. Pintu Air V No. 53, Jakarta
Angkatan IV
Rabu - Sabtu, 02 – 05 Oktober 2019
Rabu - Sabtu, 09 – 12 Oktober 2019
Rabu - Sabtu, 16 – 19 Oktober 2019
Rabu - Sabtu, 23 – 26 Oktober 2019
Hotel Oasis Amir
Senen Raya No 135-137, Jakarta
Informasi Pendaftaran :
Herman Firmansyah
Nomor HP  :  0812-8111-4110
WA            :  0821-25-777-110
Email         : Herman_pusppemnas@ymail.com
Gmail         : Pusppemnas@gmail.com

PENINGKATAN TUPOKSI APARATUR PEMERINTAH DAERAH, CAMAT SEBAGAI PEJABAT PEMBUAT AKTE TANAH (PPAT) DI DALAM PERTANAHAN

Kepada Yth  :
Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota Se-Indonesia
Cq :1. Asisten  I Bidang Pemerintahan
2. Kabag Pemerintahan
3. Para Camat dan Sekcam
4. Para Lurah
5. Para Kepala Desa                                               
Di,-
Tempat 

Dengan Hormat,
Sesuai dengan amanat otonomi daerah bahwa bidang pertanahan menjadi kewenangan wajib yang harus dilaksnakan oleh pemerintah kabupaten/kota. Walaupun operasional di lapanagan secara umum dapat dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. Dan tidak dapat di pungkiri bahwa dinamika permasalahan pertanahan tidak hanya menjadi isue di daerah tetapi juga menjadi salah satu isue nasional, di tengah pesatnya tuntutan pelayanan publik baik dalam hal pelayanan peralihan hak atas tanah maupun pengadaan tanah untuk kepentingan umum, maupun berkaitan dengan implementasi kebijakan penataan ruang yang dalam beberapa kasus mengemuka menjadi konflik pertanahan yang mengganggu pelaksanaan pembangunan, bahkan juga mengganggu ketentraman  masyarakat.
  Hal tersebut antara lain di picu oleh terbatasnya pemahaman hukum pertanahan baik dari aparat pemerintah maupun para pelaku usaha termasuk masyarakat.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Untuk  meningkatkan pemahaman dan kapasitas akan pentingnya peran Camat, dan Lurah dalam kegiatan pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum. Maka kami PUSKDAGRI & IP ( Pusat Kajian Dalam Negeri dan Ilmu Pemerintahan ) bersama para Pakar dan Narasumber yang kompeten, akan mengadakan Bimtek Nasional 4 Hari dengan Tema:

” PENINGKATAN TUPOKSI APARATUR PEMERINTAH DAERAH, CAMAT SEBAGAI PEJABAT PEMBUAT AKTE TANAH (PPAT) DI DALAM PERTANAHAN ”

Dengan Jadwal Pelaksanaan Sebagai Berikut : 

ANGKATAN
HARI, TANGGAL
TEMPAT
Angkatan I
Kamis - Minggu, 11 – 14 Juli 2019
Kamis - Minggu, 18 – 21 Juli 2019
Kamis - Minggu, 25 – 28 Juli 2019
Hotel Arcadia,
Jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta
Angkatan II
Kamis - Minggu, 01 – 04 Agust 2019
Kamis - Minggu, 08 – 11 Agust 2019
Kamis - Minggu, 15 – 18 Agust 2019
Kamis - Minggu, 22 – 25 Agust 2019
Kamis - Minggu, 29 Agust – 01 Sept 2019
Hotel 88,
Jl. Mangga Besar Raya, Jakarta
Angkatan III
Kamis - Minggu, 05 – 08 Sept 2019
Kamis - Minggu, 12 – 15 Sept 2019
Kamis - Minggu, 19 – 22 Sept 2019
Kamis - Minggu, 26 – 29 Sept 2019
Hotel Cavinton,
Jl. Letjen Suprapto No. 1, Yogyakarta
Angkatan IV
Kamis - Minggu, 03 – 06 Oktober 2019
Kamis - Minggu, 10 – 13 Oktober 2019
Kamis - Minggu, 17 – 20 Oktober 2019
Kamis - Minggu, 24 – 27 Oktober 2019
Hotel Amaris Thamrin,
Jakarta

Informasi Pendaftaran :
Herman Firmansyah
Nomor HP  :  0812-8111-4110
WA            :  0821-25-777-110
Email         : Herman_pusppemnas@ymail.com
Gmail         : Pusppemnas@gmail.com

ROADMAP REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAHAN DAERAH WILAYAH PROVINSI/KABUPATEN/KOTA DALAM KONTEKS UU NO. 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DAN ANALISIS BEBAN KERJA (ABK) YANG DILENGKAPI DENGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SKPD

Kepada Yth :
Sekretaris Daerah Provinsi/kabupaten/Kota Se Indonesia
-Kepala BKD
-Biro/Bagian Kepegawaian
-Para SKPD/Badan
Di,-
Tempat

Dengan Hormat,
Sebagaimana diketahui bersama bahwa Pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) No. 5 tahun 2014, Secara umum UU ASN bertitik tolak dari semangat perubahan dalam kerangka reformasi birokrasi.
Dan di samping itu metode Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil (SKP) sangat penting di lakukan untuk mengukur Out Put Para PNS baik secara kuantitas maupun secara kualitas, Apakah target itu sudah  tercapai, karna SKP  memuat kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai. Setiap kegiatan tugas jabatan yang akan dilakukan harus berdasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan uraian tugas yang telah ditetapkan dalam Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Oleh Karna itu Sehubungan dengan hal tersebut diatas untuk memberikan pemahaman yang baik di dalam meningkatkan Knowledge, Skill, Attitude Para Aparatur Pemerimntah  Daerah tentang Regulasi Baru tersebut, Sehubungan dengan semua hal tersebut diatas maka kami dari PUSKDAGRI & IP Pusat Kajian Dalam Negeri dan Ilmu Pemerintahan ) akan mengadakan Bimtek Nasional 4 hari dengan Tema :

"ROADMAP REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAHAN DAERAH WILAYAH PROVINSI/KABUPATEN/KOTA DALAM KONTEKS UU NO. 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DAN ANALISIS BEBAN KERJA (ABK) YANG DILENGKAPI DENGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SKPD"

kegiatan ini akan dilaksanakan pada : 
ANGKATAN
HARI, TANGGAL
TEMPAT
Angkatan I
Sabtu - Selasa, 06 – 09 Juli 2019
Sabtu - Selasa, 13 – 16 Juli 2019
Sabtu - Selasa, 20 – 23 Juli 2019
Sabtu - Selasa, 27 – 30 Juli 2019
Hotel Oasis Amir,
Jakarta
Angkatan II
Sabtu - Selasa, 03 – 06 Agust 2019
Sabtu - Selasa, 10 – 13 Agust 2019
Sabtu - Selasa, 17 – 20 Agust 2019
Sabtu - Selasa, 24 – 27 Agust 2019
Hotel 88,
Jl. Mangga Besar Raya, Jakarta
Angkatan III
Sabtu - Selasa, 07 – 10 Sept 2019
Sabtu - Selasa, 14 – 17 Sept 2019
Sabtu - Selasa, 21 – 24 Sept 2019
Sabtu - Selasa, 28 Sept – 01 Okt 2019
Hotel Ibis Senen
Jl. Kramat Raya No. 100, Jakarta Pusat
Angkatan IV
Sabtu - Selasa, 05 – 08 Oktober 2019
Sabtu - Selasa, 12 – 15 Oktober 2019
Sabtu - Selasa, 19 – 22 Oktober 2019
Sabtu - Selasa, 26 – 29 Oktober 2019
Hotel Arcadia,
Jl. Pangeran Jayakarta No. 73, Jakarta
Informasi Pendaftaran :
Herman Firmansyah
Nomor HP  :  0812-8111-4110
WA            :  0821-25-777-110
Email         : Herman_pusppemnas@ymail.com
Gmail         : Pusppemnas@gmail.com